Trauma

Sebagaian orang mempunyai trauma akan suatu hal. Trauma tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kejadian yang dialami oleh orang perorang. Lalu apa yang dimaksud dengan trauma itu? Apa penyebabnya? Apakah trauma bisa dihilangkan?
Menurut Kamus besar bahasa Indonesia trauma adalah keadaan jiwa atau tingkah laku yg tidak normal sebagai akibat dari tekanan jiwa atau cedera jasmani; luka berat. Trauma psikologis merupakan gangguan pada jiwa yang timbul akibat peristiwa traumatik. Peristiwa traumatik bisa sekali dialami, bertahan dalam jangka lama, atau berulang-ulang dialami oleh penderita. Trauma bisa dialami oleh siapa saja; tua muda, pria wanita. Namun anak-anak lebih mudah terpengaruh oleh peristiwa traumatis.
Sebagai contoh, seorang anak kecil yang dimarahi oleh ibunya karena ia menghilangkan benda kesayangangan ibunya. Ibunya marah dan mencubit, memukul dan menjewer anaknya hingga timbul memar di tubuhnya. Mungkin sakit yang ada di tubuh sang anak tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan sakit hatinya. Jika kita mengalami hal tersebut kita mungkin merasa marah, sedih, kesal, takut, bodoh dan merasa diperlakukan semena-mena oleh ibu kita.
Menyembuhkan trauma psikologis ini tidak mudah, tidak seperti membalikan telapak tangan tetapi trauma bisa diobati. Salah satu caranya dengan menggunakan metode psikologi (psikoterapi). Metode psikoterapi adalah salah satu metode menghilangkan ingatan akan kejadian traumatis yang pernah dialami dengan cara menceritakan semua kejadian yang pernah dialami. Dengan begitu diharapkan bisa menghilangkan beban mental yang ada di hati penderita.
Untuk mengobati trauma psikologis harus dilakukan secara perlahan, berkelanjutan dan bertahap serta yang paling penting ada dukungan dari orang sekitar.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s