kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari. Dunia semakin maju dan cara kita bertindakpun juga berubah. Tentunya kemajuan tekonologi mempunyai sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya kita menjadi mudah mengakses informasi yang ada sehingga kita tidak “ketinggalan berita” yang ada. Selain itu jarak tidak menjadi masalah untuk “berbicara” dengan kerabat, sekali “klik” kita bisa berbincang dan bertegur sapa dengan kerabat kita dengan biaya yang sangat murah. Bagi para pelajar kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mencari bahan-bahan pelajaran yang dipelajari atau bahkan ada beberapa sekolah maupun universitas yang muridnya atau mahasiswanya tidak perlu hadir dikelas. Mereka hanya membuka situs yang disediakan oleh pihak sekolah atau universitas dan semua bahan-bahan ada di situs tersebut.

Bagi seorang anak yang masih sekolah mungkin hal-hal tersebut sangat membantu karena anak dapat mengetahui banyak informasi yang menarik dan baru selain dari buku. Namun adakalanya kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk hal-hal yang buruk misalnya saja mengakses situs-situs porno, kecanduan game online sehingga lupa belajar, dan lain-lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya orang tua mengawasi anak jika perlu mendampingi anak saat didepan komputer. Lalu periksa juga “history”nya agar kita mengetahui apa saja yang dilakukan anak serta beri jadwal kepada anak kapan mereka boleh menggunakan komputer. Letakan komputer di tempat-temapat yang bisa dilihat oleh siapa saja dan Lindungi keamanan komputer agar anak tidak bisa mengakses sesuatu yang tidak diinginkan. Agar anak tidak menjadi candu game online, ajak anak untuk bermain di luar seperti di taman dengan teman-teman sebayanya. Bisa juga anak perhatian anak dialihkan ke hal-hal yang baru seperti les-les kesenian atau bahasa inggris, sehingga akan ada waktu yang dipakai untuk belajar daripada bermain game.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s