Profesi psikologi yang menggunakan komputer

Komputer merupakan seperangkat alat yang dapat membantu manusia mengerjakan segala tugas dan urusannya menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Kemajuan komputer pun semakin maju, dimulai dari komputer yang besarnya memenuhi hampir seluruh ruangan sampe komputer yang bisa dijinjing(laptop). Bagi beberapa pekerja, komputer merupakan suatu kebutuhan, misalnya saja seorang guru, ia bisa membuat bahan materi yang akan diajarnya melalui power point/ ms. Word sehingga ia tidak perlu lagi capai-capai menulis di papan tulis. Dengan komputer, pengajarannya pun bisa dijadikan menyenangkan, bisa di tambahkan animasi-animasi yang menggugah siswa belajar.

Hal diatas merupakan salah satu bidang pekerjaan yang biasa menggunakan komputer. Lalu bagaimana dengan bidang pekerjaan yang berhubungan dengan dunia psiklogi?

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa psikologi sangat jauh dengan penggunaan komputer. Image psikologi di kalangan umum adalah menyembuhkan orang-orang yang sakit mental, namun dunia psikologi tidak hanya berputar di ranah tersebut. Psikologi mempunyai banyak bidang dan profesi; dan kesemuanya itu menggunakan komputer untuk membantu orang-orang yang berkecimpung dalam bidang psikologi menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan mudah. Salah satu profesi dalam psikologi yang menggunakan komputer adalah ilmuan psikologi.

Ilmuwan psikologi adalah seseorang yang ahli dalam bidang psikologi yang berlatang belakang pendidikan S1/S2/S3. Gambaran umum ilmuwan psikologi adalah meneliti fenomena-fenomena yang ada disekitar yang berhubungan dengan psikologi. Ilmuwan-ilmuwan psikologi sangat membutuhkan komputer. Biasanya penelitian mereka akan dibuat ke dalam jurnal. Sebelum menjadi jurnal mereka membuat latar belakang hingga kesimpulan dan saran. Untuk membuat itu semua mereka menggunakan ms.word. para ilmuwan psikologi juga membuat angket/kuisioner yang akan mereka sebar ke responden/sample. Mereka membuat angket juga menggunakan ms.word. setelah semua angket/kuisioner tersebar, mereka menghitung nilai berdasarkan jawaban responden/sample menggunakan sofware SPSS. Dengan SPSS, mereka dapat mudah menghitung segala perhitungan statistik. Jika tidak ada komputer dalam hal ini SPSS, maka para ilmuwan psikologi akan menghitung secara manual dan akan membutuhkan waktu yang lama. Dengan SPSS, para ilmuwan psikologi dengan mudah menghitung semua skor. Mereka hanya memasukan angkanya kedalam SPSS lalu jalankan sesuai kebutuhan dan keluar hasilnya.

Dengan kemajuan komputer dimasa sekarang, maka segala tugas akan menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s